-->

Makalah - Laboratorium Matematika

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai contoh judul makalah serta latar belakang dan isinya dengan judul Makalah - Laboratorium Matematika, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Dewasa ini pendidikan matematika di sekolah dasar sedang ditekankan penanaman konsep-konsep matematika dengan menggunakan benda benda kongkret. Penggunaan benda-benda kongkret untuk menanamkan konsep matematika ini sesuai dengan perkembangan berpikir manusia yang telah dikemukakan oleh Jean Piaget. Penggunaan benda kongkret untuk mewakili idea matematika tidak saja membuat matematika lebih mudah dimengerti, tetapi juga membantu siswa terampil menyelesaikan masalah.

Mengingat pentingnya masalah penggunaan alat peraga untuk mempelajari konsep matematika yang abstrak tersebut, maka diperlukan wadah untuk melakukan kegiatan tersebut adalah laboratorium matematika. Laboratorium matematika adalah merupakan pusat kegiatan belajar dengan berbuat/ bekerja bagi siswa dalam mempelajari matematika. Laboratorium matematika juga merupakan pusat kegiatan guru dalam usaha meneliti, mengembangkan teknologi pengajaran matematika maupun teori atau konsep psikologi belajar matematika. Matematika merupakan disiplin ilmu yang mempunyai obyek benda-benda abstrak berupa; fakta abstrak, konsep abstrak, operasi abstrak serta prinsip atau azas abstrak. Dalam pendidikan matematika obyek yang abstrak tersebut diusahakan agar mudah dipahami oleh peserta didik yang sedang berkembang. Salah satu usaha adalah dengan menggunakan benda-benda kongkret termasuk ilustrasi yang menggambarkan atau mewakili obyek abstrak tersebut. Semuanya itu dapat dilakukan secara mendalam di laboratorium matematika.


B. Rumusan Masalah

1. Apa pengertian laboratorium matematika?
2. Bagaimana fungsi laboratorium matematika?
3. Bagaimana peranan laboratorium matematika dalam pembelajaran?
4. Apa manfaat laboratorium matematika?
5. Apa saja syarat laboratirium matematika yang baik?
6. Bagaimana manajemen dari laboratorium matematika?

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Laboratorium Matematika

Sekian artikel mengenai Makalah - Laboratorium Matematika, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Matematika