-->

Makalah - Penghitungan Luas

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai contoh judul makalah serta latar belakang dan isinya dengan judul Makalah - Penghitungan Luas, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Salah satu ruang lingkup matematika adalah kemampuan untuk mengukur. Mengukur telah menjadi suatu bagian aktivitas hidup manusia sejak dulu. Dari dulu nenek moyang kita telah menggunakan anggota tubuh mereka seperti jari, tangan dan kaki sebagai alat untuk mengukur jarak. Kemudian, sebelum mengenal alat hitung luas, mereka menggunakan benda-benda sebagai unit ukur yang ditebar penuh pada suatu bidang datar untuk menghitung luas. Pengukuran merupakan aktivitas yang sangat penting untuk membandingkan suatu benda dengan benda yang lainnya yang akan terus ada dalam kehidupan kita sehari-hari.

Karena pentingnya pengetahuan untuk mengukur, menjadikannya sebagai materi penting di SD. Konsep dasar pengukuran berhubungan dengan ide-ide matematika lainnya, sehingga penerapannya akan mempengaruhi pemahaman siswa pada topik matematika lain dijenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kita mengenal berbagai macam pengukuran dari pengukuran panjang, luas, isi, massa, sudut, dan lain sebagainya.

Dasar untuk mengembangkan kemampuan menghitung luas adalah aktivitas yang berdasarkan pengalaman siswa (experience-based activities) (Wijaya, 2008). Siswa perlu diberikan aktivitas nyata (real activity) untuk membantu memahami konsep luas. Pengalaman dan aktivitas siswa sangat penting sebagai suatu langkah untuk membangun pola berpikir mereka tentang konsep luas. Karena matematika bukan hanya materi yang ditransfer oleh guru ke siswa.

Pada makalah ini akan dibahas tentang pengukuran terutama pengukuran luas. Pengukuran luas yang pembelajarannya dapat dilakukan oleh seorang guru dengan menggunakan berbagai cara agar membantu konsep luas yang sebenarnya bagi siswanya nanti.


B. Rumusan Masalah

1. Apakah pengertian pengukuran?
2. Apakah berbagai jenis pengukuran?
3. Bagaimana pengukuran luas di gunakan?
4. Bagaimana memperkirakan pengukuran luas sebenarnya suatu bidang pada denah berskala?
5. Bagaimana mencari rumus luas daerah persegi panjang dan persegi dengan petak?

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Penghitungan Luas

Sekian artikel mengenai Makalah - Penghitungan Luas, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Matematika