-->

Makalah - Belah Ketupat

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai contoh judul makalah serta latar belakang dan isinya dengan judul Makalah - Belah Ketupat, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Matematika adalah salah satu materi belajar yang diberikan sejak sekolah tingkat SD, SMP, sampai pada SMA dan Perguruan Tinggi. Masalah dan materi yang dipelajari dalam matematika merupakan masalah yang dekat dengan kehidupan manusia sehari-hari seperti misalnya operasi hitung, bangun ruang, bangun datar, aljabar dan lain sebagainya. Bangu datar sebagai salah satu materi yang dibahas dalam matematika memungkinkan peserta didik menganalisis mengenai unsur-unsur bangun datar tersebut seperti panjang, lebar, sisi, luas, dan keliling, yang hingga akhirnya muara dari itu semua adalah agar peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga ilmu yang diperoleh dari bangun datar tersebut dapat bermanfaat.

Bangun datar merupakan sebutan untuk bangun-bangun dua dimensi. Materi yang dibahas dalam lingkup bangun datar ada bermacam-macam, antara lain yaitu: persegi panjang, persegi, segitiga, jajar genjang, trapesium, layang-layang, belah ketupat, dan lingkaran. Semua jenis bangun datar tersebut mempunyai bentuk yang berbeda-beda meskipun ada beberapa yang hampir sama karena terbentuk dari dasar yang sama, seperti persegi panjang dan persegi. Semua jenis bangun datar tersebut juga mempunyai rumus luas daerah dan keliling daerah masing-masing sesuai dengan bentuknya. Namun, dalam makalah ini khusu akan membahas mengenai jenis bangun datar belah ketupat.

Seperti halnya bangun datar yang lain, belah ketupat memiliki bentuk sendiri dengan keliling dan luas yang dapat dihitung. Belah ketupat mempunyai bentuk yang hampir sama dengan layang-layang. Yang membedakan adalah jika semua sisi layang-layang tidak sama panjang, maka belah ketupat mempunyai sisi yang semuanya sama panjang. Bangun datar sudah mulai diberikan ketika peserta didik duduk pada tingkat III Sekolah Dasar. Pertama dikenalkan bentuk, menggambar belah ketupat, mengidentifikasi unsur-unsurnya, sampai pada keliling daerah belah ketupat dan luas daerah belah ketupat tersebut. Oleh karena jenis bangun datar beraneka ragam, maka peserta didik hendaknya diajak untuk membedakan antara jenis yang satu dengan jenis  yang lain. Termasuk menjadikan peserta didik paham tentang konsep keliling, dan luas belah ketupat.


B. Rumusan Masalah

Dari uraian latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1. Apa definisi belah ketupat itu?
2. Apa unsur-unsur belah ketupat?
3. Apa ciri-ciri atau sifat-sifat belah ketupat?
4. Apa rumus luas daerah belah ketpat?
5. Apa rumus keliling daerah belah ketupat?

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Belah Ketupat

Sekian artikel mengenai Makalah - Belah Ketupat, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Matematika