-->

Makalah - Disiplin Kelas

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Disiplin Kelas, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Peningkatan mutu pendidikan berkaitan langsung dengan hasil belajar siswa. Aspek yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa adalah mutu proses belajar mengajar yang secara optimal berlangsung di dalam kelas. Untuk mencapai proses belajar mengajar yang efektif ada dua pokok yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan guru pada saat pengajaran berlangsung. Kegiatan tersebut adalah pengelolaan pengajaran dan pengelolaan kelas. Salah satu hal yang perlu diperhatikan guru dalam pengelolaan kelas adalah masalah kedisiplinan siswa pada saat proses belajar mengajar. Guru mempunyai peranan penting dalam membina disiplin siswa. Pembinaan disiplin ini dimaksudkan untuk mengefektifkan proses pembelajaran, sehingga siswa bisa belajar dengan baik dan mampu mencapai tujuan yang diharapkan.

Pembinaan disiplin kelas tidak lepas dari peran guru sebagai pemimpin pendidikan di kelas, sebagai salah satu faktor yang sangat menentukan, guru harus penuh inisiatif dan kreatif dalam mengelola kelas, karena guru yang mengetahui secara pasti situasi dan kondisi siswa dengan latar belakangnya dan guru merupakan suatu profesi yang berguna untuk hidup meskipun sesekali atau bahkan sering frekuensinya membuat stres ringan hingga stres berat. Seperti yang dikemukakan oleh Rosemarie Otto dalam bukunya Teachers Under Stress (1986) bahwa sepertiga guru yang mengajar pada sekolah negeri di negara bagian Victoria mengalami stres berat, sedangkan separuh jumlah yang ada mengatakan sedang mengalami stres sedang. Kesetresan para pendidik disebabkan karena kemampuan manajemen kelas, disiplin, dan hubungan antara guru-siswa. Seperti yang ditulis oleh Otto (1986) dan Venman (1987), tanpa memperdulikan label yang diberikan pada penyebabnya, hal tersebut merupakan perwujudan rasa ketidakmampuan guru-guru, baik yang masih pemula maupun yang sudah berpengalaman, dalam mengembangkan hubungan kerja yang baik dengan siswa yang diidentifikasikan sebagai penyebab utama stres.

Berlangsungnya proses belajar mengajar di dalam kelas dengan suasana yang harmonis dimana guru dapat menyampaikan bahan pelajaran dengan baik dan murid dapat belajar atau mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru dengan baik pula tergantung sekali kepada disiplin kelas. Kelas yang tidak berdisiplin sudah tentu kegiatan belajar mengajarnya pun akan menjadi kacau dan tidak menentu pula.


B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
a. Apakah yang dimaksud dengan disiplin kelas?
b. Apa jenis-jenis disiplin kelas?
c. Apa faktor yang mempengaruhi disiplin kelas?
d. Bagaimana cara mendisiplinkan siswa?
e. Apa jenis gangguan disiplin kelas?
f. Bagaimana tips manajemen dan disiplin kelas?
g. Apa pendekatan dalam menciptakan kedisiplinan?
h. Bagaimana tipe kepribadian siswa?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Disiplin Kelas

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Disiplin Kelas, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan