-->

Makalah - Kebudayaan Suku Jawa

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Kebudayaan Suku Jawa, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau dan memiliki berbagai macam suku bangsa, bahasa, adat istiadat atau yang sering kita sebut kebudayaan. Keanekaragaman budaya yang terdapat di Indonesia merupakan suatu bukti bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya.

Tidak bisa kita pungkiri, bahwa kita pungkiri bahwa kebudayaan daerah merupakan faktor utama berdirinya kebudayaan yang lebih global, yang biasa kita sebut dengan kebudayaan nasional. Maka atas dasar itulah segala bentuk kebudayaan daerah akan sangat berpengaruk terhadap budaya nasional, begitu pula sebaliknya kebudayaan nasional yang bersumber dari kebudayaan daerah, akan sangat berpengaruh pula terhadap kebudayaan daerah/kebudayaan lokal.

Kebudayaan merupakan suatau kekayaan yang sangat benilai karena selain merupakan ciri khas dari suatu daerah juga mejadi lambang dari kepribadian suatu bangsa atau daerah. Oleh karena itu, kebudayaan merupakan kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan oleh setiap suku bangsa.


B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas, dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut:
1. Apakah pengertian suku Jawa?
2. Bagaimanakah kepercayaan masyarakat Jawa?
3. Apakah pengertian kebudayaan Jawa?
4. Bagaimanakah karakteristik kebudayaan Jawa?
5. Apa sajakah nilai-nilai kebudayaan Jawa?
6. Apa sajakah ruang lingkup kebudayaan Jawa?
7. Apakah contoh dari kebudayaan Jawa?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah Kebudayaan Suku Jawa

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Kebudayaan Suku Jawa, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Bahasa Jawa