-->

Makalah - Layang-Layang

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai contoh judul makalah serta latar belakang dan isinya dengan judul Makalah - Layang-Layang, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Matematika sebagai mata pelajaran eksak, mengkaji berbagai hal sistematis yang lekat dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.. Materi matematika antara lain mencakup pengukuran, pecahan, aljabar, sampai pada bangun datar, bangun ruang dan sebagainya. Bangun datar merupakan bangun yang memiliki permukaan datar, tidak memiliki ruang atau disebut bangun dua dimensi. Unsur-unsur penyusun bangun datar yaitu sudut, garis, ruas garis, sinar garis, sisi, titik sudut, dan sebagainya.

Beberapa contoh bentuk bangun datar yaitu persegi panjang, persegi, segitiga, jajar genjang, trapesium, layang-layang, belah ketupat, dan lingkaran. Bangun datar tersebut mempunyai bentuk dan sifat yang berbeda-beda meskipun ada beberapa bangun yang saling berkaitan. Selain memiliki bentuk dan sifat yang berbeda, bangun datar tersebut juga mempunyai rumus luas daerah dan keliling daerah masing-masing sesuai dengan bentuknya. Diantara jenis bangun datar tersebut, terdapat bangun datar layang-layang yang agaknya sering didengar dalam kehidupan sehari-hari terutama pada jenis permainan.

Layang-layang memiliki bentuk yang hampir sama dengan belah ketupat. Apabila dikaitkan dengan belah ketupat yaitu layang-layang dengan keempat rusuk atau sisinya sama panjang disebut belah ketupat. Berbeda dengan belah ketupat, layang-layang memiliki sisi tidak sama panjang, namun hanya memiliki dua pasang sisi yang sama panjang. Layang-layang memiliki dua diagonal, dimana salah satu diagonalnya merupakan sumbu simetri. Pembelajaran mengenai layang-layang menjadi penting, karena layang-layang sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, utamanya pada permainan layang-layang. Dengan demikian peserta didik perlu dibekali konsep mengenai layang-layang sampai pada mencari luas dan kelilingnya.


B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1. Apakah pengertian layang-layang?
2. Apa sajakah unsur-unsur layang-layang?
3. Apa sajakah sifat-sifat layang-layang?
4. Bagaimanakah rumus luas daerah layang-layang?
5. Bagaimanakah rumus keliling daerah layang-layang?

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Layang-Layang

Sekian artikel mengenai Makalah - Layang-Layang, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Matematika