-->

Makalah - Monitoring, Evaluasi, Supervisi, Koordinasi MBS

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Monitoring, Evaluasi, Supervisi, Koordinasi MBS, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pendekatan pemberdayaan sekolah dalam mengelola institusinya, telah dilakukan Depdiknas. Baik sebelum otonomi daerah maupun sesudah otonomi daerah. Pada era otonomi daerah muncul program pemberdayaan sekolah melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). MBS akan terlaksana apabila didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan, integritas dan kemauan yang tinggi. Salah satu unsur SDM dimaksud adalah guru, di mana guru merupakan faktor kunci keberhasilan peningkatan mutu pendidikan.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional khususnya pendidikan dasar dan menengah pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi guru, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, dan peningkatan mutu manajemen sekolah. Namun berbagai indikator mewujudkan bahwa, mutu pendidikan masih belum meningkat secara signifikan. Sebagian kecil saja sekolah menunjukkan peningkatan mutu pendidikan yang cukup menggembirakan, namun sebagian besar lainnya masih memprihatinkan.

Untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan mutu pendidikan, perlu adanya kegiatan monitoring dan evaluasi dalam suatu satuan pendidikan. Dengan adanya kegiatan monitoring ini, akan diketahui hambatan apa saja yang dihadapi oleh satuan pendidikan dalam melaksanakan program pendidikannya. Dan dengan adanya kegiatan evaluasi yaitu untuk  melakukan diagnosa dan mengumpulkan informasi untuk mengetahui seberapa jauh tingkat keberhasilan suatu mutu pendidikan.


B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, ada beberapa rumusan masalah yang akan kami bahas dalam makalah ini antara lain yaitu:
1. Apa yang dimaksud dengan monitoring dan evaluasi?
2. Apa tujuan dari monitoring dan evaluasi?
3. Apa saja aspek yang dimonitoring dan dievaluasi?
4. Bagaimana pelaksanaan monitoring dan evaluasi?
5. Siapa saja pihak yang terlibat dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi?
6. Bagaimana rancangan kegiatan monitoring dan evaluasi?
7. Bagaimana cara monitoring dan evaluasi itu dilaksanakan?
8. Bagaimana tindak lanjut dari kegiatan monitoring dan evaluasi?
9. Bagaimana cara menyusun laporan monitoring dan evaluasi?
10. Bagaimana pengiriman laporan monitoring dan evaluasi?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Monitoring, Evaluasi, Supervisi, Koordinasi MBS

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Monitoring, Evaluasi, Supervisi, Koordinasi MBS, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan