-->

Makalah - Pembelajaran Terpadu Model Keterhubungan

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Pembelajaran Terpadu Model Keterhubungan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pembelajaran sejatinya bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang sesungguhnya kepada peserta didik yaitu peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang telah diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Pembelajaran atau pengalaman bermakna menjadi salah satu konsep yang diusung pembelajaran terpadu sebagai suatu pendekatan belajar mengajar yang melibatkan beberapa bidang studi. Dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran terpadu, anak akan memahami konsep-konsep yang dipelajari melalui pengamatan langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang mereka pahami.

Ditinjau dari cara memadukan konsep, keterampilan, topik, dan unit tematisnya, terdapat sepuluh cara atau model dalam merencanakan pembelajaran terpadu, diantaranya pembelajaran terpadu model keterhubungan (connected). Dalam bab ini akan dibahas mengenai pembelajaran terpadu model connected, khususnya mengenai evaluasinya.

Tidak berbeda dengan pembelajaran konvensional yang membutuhkan perencanaan hingga evaluasi, pada pembelajaran terpadu evaluasi diarahkan pada evaluasi dampak intruksional (instructional effects) dan dampak pengiring (nurturan effects). Evaluasi pada pembelajaran terpadu berorientasi pada program, proses, dan produk, dan penyelenggaraannya dilakukan dengan menggunakan alat evaluasi tes dan non-tes. Penekanan evaluasi tersebut menjadi dasar dalam pelaksanaan model-model pembelajaran terpadu.


B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang, maka beberapa rumusan masalah mendasar terkait evaluasi pembelajaran terpadu model keterhubungan (connected) antara lain:
1. Apakah makna model keterhubungan (connected)?
2. Bagaimanakah evaluasi model keterhubungan (connected)?
3. Bagaimanakah implementasi model keterhubungan (connected) pada pembelajaran di Sekolah Dasar?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Pembelajaran Terpadu Model Keterhubungan

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Pembelajaran Terpadu Model Keterhubungan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan