-->

Makalah - Ragam Motif Batik Nusantara

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Ragam Motif Batik Nusantara, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Batik merupakan sebuah hasil karya seni yang telah diakui oleh dunia internasional sebagai warisan budaya dari Indonesia yaitu batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 oktober 2009 yang menyebabkan hak mutlak atas batik sebagai milik Indonesia yang tidak dapat diganggu gugat dan tidak dapat diakui oleh negara lain.

Kerajinan batik memiliki nilai seni yang sangat tinggi, hal ini dapat terlihat dari motif-motif yang terlukis dalam lembaran-lembaran kain batik. Daerah penghasil batik di Indonesia ada banyak, terutama di daerah Yogyakarta, Suarakarta, Cirebon, Pekalongan, dan masih banyak daerah-daerah lagi tempat pengrajin batik. Masing-masing daerah memiliki ciri khas masing-masing yang tertuang dalam motif batik yang beraneka ragam serta indah. Dari motif-motif batik yang ada tersembunyi makna yang mendalam. Biasanya motif batik itu menggambarkan bagaimana pengrajin batik menuangkan ide serta perasaannya dalam membatik.


B. Rumusan Masalah

1. Apa yang dimaksud dengan Batik?
2. Apa saja jenis-jenis batik?
3. Bagaimana motif batik dari daerah Yogyakarta?
4. Bagaimana motif batik dari daerah Surakarta?
5. Bagaimana motif batik dari daerah Cirebon?
6. Bagaimana motif batik dari daerah Pekalongan?
7. Apa perbedaan antara batik Yogyakarta, Surakarta, Cirebon, dan Pekalongan?


C. Tujuan Penulisan

Untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang ragam batik nusantara dan mengetahui ragam motif batik nusantara terutama pada daerah penghasil batik seperti Yogyakarta, Surakarta, Cirebon, dan Pekalongan.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah Ragam Motif Batik Nusantara

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Ragam Motif Batik Nusantara, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan