-->

Makalah - Pendekatan Sejarah Penelitian Kualitatif

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Pendekatan Sejarah Penelitian Kualitatif, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Secara umum penelitian sejarah merupakan penelaahan serta sumber-sumber lain yang berisi informasi mengenai masa lampau dan dilaksanakan secara sistematis. Dengan kata lain yaitu penelitian yang bertugas mendeskripsikan gejala, tetapi bukan yang terjadi pada waktu penelitian dilakukan. Penelitian sejarah di dalam pendidikan merupakan penelitian yang sangat penting atas dasar beberapa alasan. Penelitian sejarah bermaksud membuat rekontruksi masa latihan secara sistematis dan objektif, dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, mengverifikasikan serta mensintesiskan bukti-bukti untuk mendukung bukti-bukti untuk mendukung fakta memperoleh kesimpulan yang kuat. Dimana terdapat hubungan yang benar-benar utuh antara manusia, peristiwa, waktu, dan tempat secara kronologis dengan tidak memandang sepotong-sepotong objek-objek yang diobservasi.

Jack. R. Fraenkel dan Norman E. Wallen dalam Yatim Riyanto (1996:22) menyatakan bahwa penelitian sejarah adalah penelitian yang secara eksklusif memfokuskan kepada masa lalu. Penelitian ini mencoba merenkonstruksi apa yang terjadi pada masa lalu selengkap dan seakurat mungkin, dan biasanya menjelaskan mengapa hal itu terjadi. Pencarian data dilakukan secara sistematis agar mampu menggambarkan, menjelaskan, dan memahami kegiatan atau peristiwa yang terjadi beberapa waktu lalu. Sedangkan menurut Donald Ary dkk dalam Yatim Riyanto (1996: 22) menyatakan bahwa penelitian sejarah adalah untuk menetapkan fakta dan mencapai simpulan mengenai hal-hal yang telah terjadi di masa lalu, yang dilakukan secara sistematis dan objektif oleh ahli sejarah dalam mencari, mengevaluasi dan menafsirkan bukti-bukti untuk mempelajari masalah baru tersebut.

Menurut Nazir (2005:48) penelitian dengan menggunakan metode sejarah adalah penyelidika yang kritis terhadap keadaan-keadaan, perkembagan, serta pengalaman masa lampau dan menimbang secara cukup teliti dan hati-hati tentang bukti validitas dari sumber sejarah serta interprestasi dari sumber-sumber keterangan tersebut. Berdasarkan pandangan yang disampaikan oleh para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian penelitian sejarah mengandung beberapa unsur pokok, yaitu:
1. adanya proses pengkajian peristiwa atau kejadian masa lalu (berorientasi pada masa lalu)
2. usaha dilakukan secara sistematis dan objektif
3. merupakan serangkaian gambaran masa lalu yang integratif antar manusia, peristiwa, ruang dan waktu;
4. dilakukan secara interktif dengan gagasan, gerakan dan intuisi yang hidup pada zamannya.

Jadi, penelitian sejarah merupakan proses pengkajian peristiwa masa lalu dengan sistematis dan dilakukan secara objektif sesuai dengan gagasan, gerakan, intuisi yang hidup pada zamannya.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Pendekatan Sejarah Penelitian Kualitatif

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Pendekatan Sejarah Penelitian Kualitatif, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan