-->

Makalah - Hakikat Profesi Pendidik

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Hakikat Profesi Pendidik, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia (SDM) jangka panjang. Oleh sebab itu, tidak heran apabila suatu Negara menempatkan pendidikan sebagai variabel utama dalam konteks pembangunan bangsa dan negaranya, termasuk di Negara Indonesia. Tujuan kemerdekaan Indonesia adalah ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai isi Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Dengan kata lain, sudah tercipta suatu komitmen mulia yang harus dilaksanakan Negara ini.

Guru merupakan suatu profesi yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru dan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang pendidikan. Walaupun pada kenyataanya masih terdapat hal-hal tersebut di luar bidang kependidikan. Inilah salah satu penyebab rendahnya kualitas guru di Indonesia yang merupakan rangkaian dari rantai masalah pendidikan yang harus diberantas hingga ke akarnya. Hal ini berkaitan dengan peran guru yang merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan yang berada di barisan terdepan.

Dari pemaparan masalah di atas, penulis yang merupakan calon guru ingin membuka pikiran bahwa keprofesionalan harus tertanam kuat pada diri seorang calon guru. Sudah selayaknya guru mempunyai kompetensi serta tanggungjawab yang tinggi dalam menjalankan profesinya, sehingga nasib pendidikan di Indonesia akan berubah ke arah yang lebih baik.


B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana hakikat profesi pendidik itu?
2. Apa yang dimaksud dengan profesi dan profesionalisme?
3. Apa saja syarat dan ciri-ciri profesi itu?
4. Bagaimana kedudukan guru dan profesi guru di Indonesia saat ini?
5. Apa yang dimaksud dengan organisasi profesi itu?
6. Bagaimana seorang guru dikatakan profesional?
7. Apa yang dimaksud dengan kode etik profesi?
8. Apa saja kode etik guru yang ada di Indonesia?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Hakikat Profesi Pendidik

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Hakikat Profesi Pendidik, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan