-->

Makalah - Jenis Pembelajaran Terpadu

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Jenis Pembelajaran Terpadu, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Sesuai dengan Undang-Undang No. 14 tahun 2005 pasal 28 yang menyebutkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Menggarisbawahi pada kata kualifikasi kompetensi, ada empat kompetensi yang wajib dimiliki seorang guru, yaitu: kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogik.

Cara mengajar guru terkandung dalam kompetensi pedagogik seorang guru, baik dalam menggunakan model, metode, teknik maupun strategi pembelajaran. Saat ini guru dituntut dapat menggunakan berbagai model, metode, teknik maupun strategi pembelajaran. Kurikulum saat ini yang menerapkan adanya penanaman karakter dan keterpaduan berbagai pelajaran, membuat guru semakin kreatif. Dengan adanya pernyataan diatas, setiap guru mempunyai peluang untuk berkembang lebih kreatif dengan menyelaraskan pada kurikulum saat ini yang memadukan berbagai pelajaran sehingga membuat kompetensi guru semakin berkembang menjadi lebih baik.

Mengerucut pada pembahasan tugas guru SD, tuntutan tugas guru SD antara lain adalah mengajar sebagai guru kelas dan bukan sebagai guru mata pelajaran, mengingat pada program sertifikasi yang menuntut guru SD sebagi guru kelas bukan sebagai guru mata pelajaran. Pembelajaran terpadu bagi guru-guru di SD swasta dan SD percontohan seperti SD Islam, SD N Tlogowaru adalah suatu hal yang lazim digunakan, sebab mereka terlatih dan terbimbing untuk melakukan inovasi-inovasi, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara terpadu yaitu memadukan materi-materi pelajaran.

Namun pembelajaran terpadu secara tepat bagi SD-SD lain yang bukan SD swasta dan SD percontohan adalah suatu hal yang asing.  Pentingnya pelaksanaan pembelajaran terpadu secara tepat bagi guru-guru SD sangat terlihat, mengingat kurikulum saat ini yang sangat menggugah adanya penanaman karakter. Pembelajaran terpadu yang awam bagi mayoritas guru di Indonesia, membuat penting adanya pengetahuan guru mengenai bagaimana pelaksanaan pembelajaran terpadu dalam kelas secara tepat supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dan hasil pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan.


B. Rumusan Masalah

1. Bagaimana pembelajaran terpadu bila ditinjau dari sifat materi yang dipadukan?
2. Bagaimana pembelajaran terpadu bila ditinjau dari cara memadukan materinya?
3. Bagaimana pembelajaran terpadu bila ditinjau dari waktu pelaksanaannya?
4. Bagaimana pembelajaran terpadu bila ditinjau dari unsur pemicu keterpaduannya?
5. Bagaimana pembelajaran terpadu bila ditinjau dari perencanaan pemandunya?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Jenis Pembelajaran Terpadu

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Jenis Pembelajaran Terpadu, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan