-->

Makalah - Bahasa Dan Sastra Jawa

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Bahasa Dan Sastra Jawa, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Bahasa dan sastra jawa seperti sekarang ini adalah hasil sebuah proses panjang perjalanan masyarakat Jawa. Dalam perjalanannya, perkembangan bahasa Jawa tidak bisa dipisahkan dari perkembangan sastra, karena itu dari seni-sastra, bahasa Jawa bisa ditelisik perkembangannya. Lebih jauh lagi, bahasa Jawa dan seni-sastra jawa adalah hasil proses perjalanan kekuasaan Jawa, dari jaman pra-kolonial, kolonial, hingga pasca-kolonial.

Bahasa dan sastra Jawa sebagai salah satu sumber pendidikan karakter tidak perlu diragukan lagi keberadaannya, karena dalam bahasa dan sastra Jawa syarat akan pendidikan nilai yang merupakan substansi utama dari pendidikan karakter. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa dalam bahasa dan sastra Jawa terkandung tata nilai kehidupan Jawa, seperti norma, keyakinan, kebiasaan, konsepsi, dan simbol-simbol yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Jawa, toleransi, kasih sayang, gotong royong, andhap asor, kemanusiaan, nilai hormat, tahu berterima kasih, dan lainnya. Pendidikan karakter yang digali dari substansi bahasa dan sastra Jawa dapat menjadi pilar pendidikan budi pekerti bangsa. Kini, ketika bangsa ini terkoyak oleh nilai-nilai moral, pendidikan budi pekerti kembali mengemuka dengan nama yang lebih menjanjikan adalah pendidikan karakter. Makalah ini akan membahas mengenai bahasa dan sastra jawa.


B. Rumusan Masalah

Penulisan makalah ini, dimaksudkan agar pembaca memiliki wawasan tentang bahasa dan sastra jawa, mengenai:
1. Bagaimana persebaran bahasa jawa?
2. Bagaimana dialek bahasa jawa?
3. Bagaimana undhak-undhuk dalam bahasa jawa?
4. Bagaimana tulisan dan aksara jawa?
5. Bagaimana unggah-ungguh basa jawa?
6. Apakah yang dimaksud sastra jawa?
7. Apa saja jenis sastra?
8. Bagaimana sastra jawa kuna?
9. Bagaimana sastra jawa tengahan?
10. Bagaimana sastra jawa baru?
11. Apakah yang dimaksud dengan geguritan?
12. Apakah itu mitos?
13. Apakah yang dimaksud dongeng?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah Bahasa Dan Sastra Jawa

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Bahasa Dan Sastra Jawa, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Bahasa Jawa