-->

Makalah - Asas, Prinsip Dan Faktor Manajemen Kelas

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Asas, Prinsip Dan Faktor Manajemen Kelas, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Guru adalah teladan dan panutan langsung para peserta didik di kelas. Di dalam kelas guru malaksanakan dua kegiatan pokok yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan mengelola kelas. Kegiatan mengajar pada hakikatnya adalah proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar siswa. Pengelolaan kelas tidak hanya berupa pengaturan kelas, fasilitas fisik dan rutinitas. Kegiatan pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan dan mempertahankan suasana dan kondisi kelas. Sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Misalnya memberi penguatan, mengembangkan hubungan guru dengan siswa dan membuat aturan kelompok yang produktif.

Dalam pengelolaan kelas ada dua subjek yang memegang peranan yaitu guru dan siswa. Motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan guru merupakan komponen yang akan ikut menentukan sejauh mana keberhasilan guru dalam mengelola kelas. Banyak di antara guru yang melaksanakan proses belajar mengajar apa adanya. Proses belajar mengajar hanya berupa penyampaian informasi dari guru kepada perserta didik. Terkadang guru tidak memperhatikan hal-hal yang menunjang terlaksanakanya proses belajar mengajar dengan baik dan efesien. Dalam upaya terlaksanakanya proses belajar mengajar dengan baik dan efesien perlu didasarkan pada aspek-aspek pengelolaan kelas yang meliputi asas manajemen kelas, prinsip manajemen kelas serta faktor-faktor dalam manajemen kelas.


B. Rumusan Masalah

1. Apakah asas manajemen kelas ?
2. Apakah prinsip manajemen kelas ?
3. Bagaimana penerapan prinsip dalam manajemen kelas?
4. Apakah faktor yang mempengaruhi manajemen kelas?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Asas, Prinsip Dan Faktor Manajemen Kelas

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Asas, Prinsip Dan Faktor Manajemen Kelas, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan