-->

Makalah - Manajemen Kesiswaan

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Manajemen Kesiswaan, yang dapat kalian download dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Keberhasilan proses belajar merupakan tingkat kemanusiaan yang dimiliki siswa dalam menerima, menolak dan menilai informasi-informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar seseorang sesuai dengan tingkat keberhasilan sesuatu dalam mempelajari materi pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau raport setiap bidang studi setelah mengalami proses belajar mengajar.

Untuk mencapai prestasi belajar siswa sebagaimana yang diharapkan, maka perlu diperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain; faktor yang terdapat dalam diri siswa (faktor intern), dan faktor yang terdiri dari luar siswa (faktor ekstern). Faktor-faktor yang berasal dari dalam diri anak bersifat biologis sedangkan faktor yang berasal dari luar diri anak antara lain adalah faktor keluarga, sekolah, masyarakat dan sebagainya. Faktor yang terdapat dalam diri siswa (Faktor intern) yaitu: kecerdasan/intelegensi, bakat, minat, dan motivasi. Sedangkangkan factor yang berasal dari luar siswa adalah (faktor ekstern) yaitu keadaan keluarga, keadaan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Selain itu dalam proses pembelajaran perlu beberapa manajemen agar proses pembelajaran dapat di optimalakan semaksimal mungkin.salah satu manajemen tersebut ialah manajemen kesiswaan. Atau ada pula yang menyebut dengan manajemen peserta didik.

Manajemen atau pengelolaan merupakan komponen integral dan tidak dapat di pisahkan dari proses pendidikan secara keseluruhan. Alasannya tanpa manajemen tidak mungkin tujuan pendidikan dapat di wujudkan secaara optimal, efektif dan efisien dalam rangka inilah tumbuh kesadaran akan pentingnya manajemen berbasis sekolaah (MBS)5 Manajemen kesiswaan adalah penetaan dan pengaturan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik mulai masuk sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari suatu sekolah. Manajemen kesiswaan bukan hanya berbentuk pencatatan data peserta didik, melainkan meliputi aspek yang lebih luas yang secara oprasional dapat membantu upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalu proses pendidikan di sekolah.

Dengan demikian untuk mencapai suatu keberhasilan dalam proses pendidikan maka perlu adanya manajemen kesiswaan, karena manajemen memiliki arti yang sangat penting untuk mencapai suatu tujuan pendidikan Islam yang bertujuan untuk melahirkan manusia muslim yang shalih sekaligus sebagai kader pembangunan yang ta’at dan bertaqwa kepada Allah SWT, serta memiliki kepribadian yang luhur berakhlaqul karimah dan bertanggung jawab maka, untuk mencapai tujuan itu diperlukan sistem manajemen atau pengelolaan lembaga pendidikan yang baik.


1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang, maka perumusan masalah pada makalah ini :
1. Apakah pengertian manajemen kesiswaan?
2. Apakah tujuan adanya manajemen kesiswaan?
3. Apakah prinsip manajemen kesiswaan?
4. Meliputi apa sajakah ruang lingkup manajemen kesiswaan?
5. Apakah fungsi manajemen kesiswaan?
6. Apakah tugas manajemen kesiswaan?
7. Meliputi apa sajakah tiga pilar manajemen kesiswaan?
8. Bagaimanakah tanggungjawab kepala sekolah terhadap manajemen kesiswaan?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah Manajemen Kesiswaan

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Manajemen Kesiswaan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Manajemen