-->

Makalah - Merumuskan Visi, Misi, Tujuan, Dan Sasaran Sekolah

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Merumuskan Visi, Misi, Tujuan, Dan Sasaran Sekolah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan yang diberikan tugas untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional harus menjalankan perannya dengan baik. Dalam menjalankan peran sebagai lembaga pendidikan ini, sekolah harus dikelola dengan baik agar dapat mewujudkan tujuan pendidikan yang telah dirumuskan dengan optimal. Pengelolaan sekolah yang tidak profesional dapat menghambat proses pendidikan yang sedang berlangsung dan dapat menghambat langkah sekolah dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan formal.

Masyarakat Indonesia sekarang ini sedang mengalami perubahan (changing societies). Implementasi MBS juga membutuhkan perubahan paradigma masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan pengelolaan pendidikan, dari menyerahkan begitu saja kepada pemerintah, menjadi secara bersama-sama “menanggung” pendidikan. Disamping itu perlu adanya keterbukaan, kesadaran dan kejujuran semua lapisan penyelenggara pendidikan agar dapat mengoptimalkan peranannya dalam “mengangkat” pendidikan Indonesia.

Agar pengelolaan sekolah tersebut dapat berjalan dengan baik, dibutuhkan rencana strategis sebagai suatu upaya atau cara untuk mengendalikan organisasi (sekolah) secara efektif dan efisien, sampai kepada implementasi garis terdepan, sedemikian rupa sehingga tujuan dan sasarannya tercapai. Perencanaan strategis merupakan landasan bagi sekolah dalam menjalankan proses pendidikan. Komponen dalam perencanaan strategis paling tidak terdiri dari visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi (cara mencapai tujuan dan sasaran). Perumusan terhadap visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi tersebut harus dilakukan pengelola sekolah, agar sekolah memiliki arah kebijakan yang dapat menunjang tercapainya tujuan yang diharapkan.


B. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang akan dibahas adalah sebagai berikut:
1. Apa yang dimaksud visi?
2. Bagaimana merumuskan visi sekolah?
3. Apa yang dimaksud misi?
4. Bagaimana merumuskan misi sekolah?
5. Apa yang dimaksud tujuan (goals)?
6. Bagaimana merumuskan tujuan sekolah?
7. Bagaimana merumuskan sasaran sekolah?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Merumuskan Visi, Misi, Tujuan, Dan Sasaran Sekolah

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Merumuskan Visi, Misi, Tujuan, Dan Sasaran Sekolah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan