-->

Makalah - Pendidikan Wanita

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Pendidikan Wanita, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan anak merupakan tanggung jawab orang tua, masyarakat, dan pemerintah. Oleh sebab itu usaha untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak harus dilaksanakan secara terpadu dengan alasan-alasan tertentu yaitu bahwa perkembangan anak melibatkan banyak aspek, misalnya fisiologi, mental, dan sosial. Di samping itu pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh faktor sosial budaya, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi. Program yang ditujukan bagi perkembangan anak dapat berupa bimbingan untuk ibu rumah tangga dan calon ibu muda secara langsung atau melalui media.

Pendidikan merupakan kunci terwujudnya keadilan gender dalam masyarakat, karena pendidikan merupakan alat untuk mentransfer norma-norma masyarakat, pengetahuan dan kemampuan mereka. Dengan kata lain lembaga pendidikan merupakan sarana formal untuk sosialisasi sekaligus transfer nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat, termasuk nilai dan norma gender. Untuk itu sejak awal perlu diupayakan terwujudnya keadilan gender dalam lembaga pendidikan.

Di bidang pendidikan, kaum perempuan masih tertinggal dibandingkan laki-laki. Kondisi ini antara lain disebabkan adanya pandangan dalam masyarakat yang mengutamakan dan mendahulukan laki-laki untuk mendapatkan pendidikan daripada perempuan. Orang tua anak-anak perempuan usia sekolah dari keluarga miskin, menganggap anak-anak perempuan mereka tidak usah melanjutkan sekolah, lebih baik langsung dinikahkan atau didorong untuk bekerja di sektor publik sebagai PRT (pembantu rumah tangga) atau buruh informal. Kondisi demikian yang menjadikan anak-anak perempuan usia sekolah dari keluarga miskin menjadi kelompok sosial yang dilanggar hak sosial-ekonomi-budayanya. Mereka tidak bisa mendapatkan hak memperoleh (menikmati) pendidikan yang berkualitas dan berbiaya murah.

Pendidikan bagi wanita merupakan hal yang sangat penting dalam agama Islam. Anak dalam keluarga, baik pria maupun wanita berasal dari-Nya, yang sama-sama mempunyai hak hidup, hak mendapatkan cinta, kasih sayang, perlindungan dan pendidikan yang baik. Umat manusia pria maupun wanita diciptakan dari inti (ruh) yang sama. Karena itu hendaknya tidak ada pemisah hak dan kewajiban antara pria dan wanita dalam berbuat sesuatu yang memungkinkan untuk kesejahteraan, kemakmuran dan kemajuan masyarakat (Alawiyah AS, dalam Mulyani Sumantri). Mendidik kaum wanita merupakan suatu keharusan yang mendasar dan serius, agar mereka dapat memainkan peranannya dengan benar sebagai anggota masyarakat yang berguna dan produktif.

Pendidikan wanita diharapkan dapat mengasilkan wanita-wanita yang solehah, cerdas, memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni dan sehat sehingga dapat memanfaatkan kemampuannya bagi keluarga, masyarakat dan bagi dirinya sendiri.


B. Rumusan Masalah

1. Apa saja landasan pendidikan wanita?
2. Apa itu pendidikan wanita?
3. Bagaimana hubungan antara tingkat pendidikan yang dicapai dengan peran wanita?
4. Apa saja hambatan dalam pendidikan wanita?
5. Apa saja strategi pendidikan wanita?
6. Seperti apa kurikulum pendidikan wanita?
7. Apa saja metode-metode yang disajikan untuk pendidikan wanita?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Pendidikan Wanita

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Pendidikan Wanita, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan