-->

Makalah - Kedudukan Dan Profesi Guru Indonesia

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Kedudukan Dan Profesi Guru Indonesia, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan yang berhasil akan menciptakan manusia yang pantas dan layak di masyarakat serta tidak menyusahkan orang lain. Masyarakat dari yang paling terbelakang sampai yang paling maju mengakui bahwa pendidik/guru merupakan satu diantara sekian banyak unsur pembentuk utama calon anggota masyarakat. Undang-undang RI nomor 20 Tahun 2003, Undang-Unang RI Nomor 14 Tahun 2005, dan Peraturan Pe,merintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, mengamanatkan bahwa guru wajib memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Kompetensi profesional merupakan kemampuan gvuru dalam menguasai pengetahuan  bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan buidaya yang diampunya yang sekurang-kurangnya meliputi penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai dengan standar isi program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan/atau kelompok mata pelajaran yang akan diampu.

Dalam UU Guru dan Dosen Tahun 2005 pasal 1 ayat (1) dan PP Nomor 74 tahun 2008 pasal 1 (1) disebutkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan emngevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Maka dari itu, dalam makalah ini kami sajikan materi yang lebih mendalam mengenai kedudukan guru dan profesi guru di Indonesia. Sub –sub materi lain yang juga kami bahas yaitu mengenai hakekat profesi pendidik, profesi dan okupasi, ciri-ciri dan syarat profesi, organisasi profesi guru, guru profesional, kode etik profesi, dan kode etik guru Indonesia.


B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas maka timbul beberapa rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini, yaitu:
1. Bagaimana hakekat profesi pendidik?
2. Apa pengertian profesi, profesionalisme dan okupasi?
3. Apakah ciri-ciri dan syarat profesi keguruan?
4. Bagaimana kedudukan guru dan profesi guru di Indonesia?
5. Apakah organisasi profesi itu?
6. Siapakah yang dapat disebut guru profesional?
7. Apa yang dimaksud kode etik profesi?
8. Bagaimana kode etik guru Indonesia?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Kedudukan Dan Profesi Guru Indonesia

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Kedudukan Dan Profesi Guru Indonesia, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan