-->

Makalah - Memahami Konsep Profesi Pendidik

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Memahami Konsep Profesi Pendidik, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Kehidupan masyarakat akan terus maju dan berkembang seiring dengan berkembangnnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini akan menjadikan kebutuhan masyarakat akan pelayanan semakin bertambah. Salah satu kebutuhan yang meningkat adalah kebutuhan pendidikan dalam masyarakat. Pendidikan merupakan akses utama yang dibutuhkan maasyarakat untuk dapat bersaing dalam era globalisasi dan modernisasi saat ini.

Berbicara pendidikan, tentu masyarakat menginginkan layanan pendidikan yang baik dan bermutu agar dapat menghasilkan kompetensi-kompetensi lulusan yang mempunyai kemampuan tinggi dan dapat bersaing dalam masyarakat. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam upaya meningkatkan pendidikan adalah pendidik itu sendiri. Pendidik khususnya guru merupakan suatu profsi yang harus terus meningkatkan profesionalismenya dalam melaksanakan tugas profesinya sebagai guru/ pendidik.

Profesi merupakan suatu pekerjaan, tetapi setiap pekerjaan belum tentu profesi. Pekerjaan yang bisa dikatan profesi merupakan pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus dan tidak setiap orang bisa melaksanakannya. Guru merupakan profesi yang memerlukan keahlian khusus di bidang pendidikan. Keahlian tersbut tentunya tidak dapat didapatkan begitu saja tapi memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkannya melalui lembaga tertentu yang ditunjuk untuk dapat menghasilkan tenaga kependidikan. Lembaga tersebut biasanya disebut dengan LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan). LPTK inilah yang mencetak para pendidik yang nantinya mereka akan mendidik peserta didiknya.

Guru merupakan pengajar dan pendidik yaitu selain menyampaikan dan mengajarkan pengetahuan, guru juga memberikan nilai-nilai dan sikap yang baik. Guru merupakan profesi yang harus selalu ditingkatkan profeionalismenya untuk dapat mendidik para peserta didik sehingga nantinya mereka akan dapat mengembangkan potensinya.

Setiap profesi juga memiliki kode etik yang digunakan landasan atau dasar dalam melaksanakan kegiatan profesinya. Kode etik inilah yang akan menuntun mereka para profesi untuk dapat melaksanakan profesinya dengan baik. Termasuk juga guru sebagai profesi pendidik mempunyai kode etik yang harus dipegang oleh para pendidik. Selain mempunyai kode etik, profesi juga mempunyai organisasi yang salah satu fungsinya dapat digunakan untuk pemersatu antar anggota profesi tersebut.

Setiap profesionalisme pasti akan dapat melasanakan tugas profesinya secara baik dan profesional. Oleh karena itu, seorang guru juga  harus dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya agar pendidikan dapat baik pula. Kenyataannya tidak semua profesi pendidik paham akan hal itu. Termasuk guru yang tidak mengerti akan peningkatan profesionalismenya tersebut.


B. Rumusan Masalah

Rumusan masalah dari makalah ini adalah:
1. Apa hakikat profesi pendidik?
2. Apa yang dimaksud dengan profesi dan profesionalisme?
3. Apa saja syarat-syarat profesi dan profesi guru?
4. Apa saja ciri-ciri profesi dan profesi guru?
5. Bagaimana kedudukan guru dan profesi guru Indonesia?
6. Apa yang dimaksud dengan organisasi profesi guru dan apa manfaatnya?
7. Bagaimana guru dapat dikatan profesional?
8. Apa yang dimakud kode etik profesi?
9. Apa saja kode etik guru Indonesia?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Memahami Konsep Profesi Pendidik

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Memahami Konsep Profesi Pendidik, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan