-->

Makalah - Manajemen Berbasis Sekolah

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Manajemen Berbasis Sekolah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Sesuai dengan UU. No. 20 tahun 1999 dan UU. No. 20 tahun 2003 mengenai otonomi daerah dan pendidikan, berarti bahwa setiap daerah mempunyai kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan sesuai dengan kebijakan di daerah masing-masing. Kebijakan tersebut memunculkan tentang penerapan manajemen berbasis sekolah.

Hal tersebut diterapkan sebab setiap daerah mempunyai kemampuan dan tingkat kebutuhan yang berbeda sehingga muncul penerapan manajemen berbasis sekolah. Ketika UU tersebut dikeluarkan muncul isu tentang peran serta masyarakat pada pendidikan melalui pengawasan, komite sekolah dan lain-lain, sehingga hal ini membuat persepsi tentang layaknya manajemen berbasis sekolah baik diterapkan.

Manajemen berbasis sekolah tak berbeda dengan pemberian otonomi kepada sekolah untuk senantiasa menjadi sekolah yang mandiri dan bertanggungjawab. Pengelolaan yang mandiri dan pemberian otonomi daerah membuat sekolah berserta masyarakat lebih mengetahui tingkat kebutuhan pada daerah tersebut.

Manajemen berbasis sekolah mempunyai langkah-langkah yang perlu dilaksanakan pada setiap sekolah, pelaksanaan tersebut membuat sekolah menjadi lebih terstruktur dan terjadwal mengenai pelaksanaan manajemen berbasis sekolah, sehingga tak ada lagi sekolah-sekolah yang tak mengetahui tingkat kebutuhan dan penanganan masalah yang terdapat dalam sekolah tersebut.


B. Rumusan Masalah

1. Bagaimana langkah-langkah manajemen berbasis sekolah?
2. Apa pengertian laporan manajemen berbasis sekolah itu?
3. Apa saja komponen-komponen yang terdapat dalam laporan manajemen berbasis sekolah?
4. Bagaimana contoh format sistematika laporan manajemen berbasis sekolah?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Manajemen Berbasis Sekolah

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Manajemen Berbasis Sekolah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan