-->

Makalah - Pembelajaran PKn Dengan VCT Kelas Rendah

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai contoh judul makalah serta latar belakang dan isinya dengan judul Makalah - Pembelajaran PKn Dengan VCT Kelas Rendah, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006) merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.

Untuk mencapai tujuan tersebut sangat sulit, sebab masalah moral berhubungan dengan aspek afektif, sikap, perilaku dan perasaan seseorang. Apalagi seorang guru SD yang peserta didiknya belum mampu berfikir formal dan rasional tentang segala aspek termasuk aspek kognitif. Meskipun demikian selaku guru hendaknya senantiasa berusaha melalui inovasi pembelajaran agar tujuan mulia pembelajaran PKn dalam menjangkau sasaran yang diharapkan.

Berikut ini cara agar sekolah dapat membina moral yang mencerminkan nilai eksensial dan secara praktis para pebelajar mengalaminya, adalah (1) mengintegrasikan pendidikan moral kedalam kurikulum, dan tujuan pembelajaran, agar dapat dilaksanakan secara intensif dan efektif, (2) merubah cara pembelajarannya, sebab pendidikan moral tidak dapat diajarkan secara kognitif, tetapi ditangkap sesuai dengan kenyataan (contextualisasi), (3) merubah sistem penilaian, ukuran jumlah siswa di kelas, (4) membuat sekolah model, utamanya sekolah negeri berperan utama.

Kewajiban guru PKn untuk mau menerapkan model pembelajaran inovatif yang mampu menanamkan nilai-nilai penghayatan siswa tidak dapat dianggap remeh. Terkait dalam menggali dan menanamkan nilai-nilai moral pembelajaran PKn, diantaranya guru dapat menerapkan model VCT (Value Clarification Technique ).

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Pembelajaran PKn Dengan VCT Kelas Rendah

Sekian artikel mengenai Makalah - Pembelajaran PKn Dengan VCT Kelas Rendah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)