-->

Makalah - Osmosis

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai contoh judul makalah serta latar belakang dan isinya dengan judul Makalah - Osmosis, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Dalam suatu membran yang bersifat permeabel dan semi permeabel, terjadi transpor membran. Membran sel berfungsi untuk pengatur keluar masuknya zat yang memungkinkan sel memperoleh pH yang sesuai sehingga konsentrasi zat-zat menjadi terkendali. Sel juga dapat memperoleh masukan zat-zat dan ion-ion yang diperlukan serta membuang zat-zat yang tidak diperlukan. Selapis membran dapat melakukan pengontrolan yang sedemikian penting karena bergantung pada transpor lewat membran.

Perpindahan molekul atau ion melewati membran ada dua macam yaitu transpor aktif dan transpor pasif.

1. Transpor Pasif
adalah perpindahan molekul atau ion tanpa menggunakan energi sel. Perpindahan ini bersifat spontan dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah dan atau sebaliknya.
Contoh transpor pasif yaitu difusi, osmosis, dan difusi terfasilitasi.

2. Transpor Aktif
adalah perpindahan molekul atau ion dengan menggunakan energi dari sel itu. Perpindahan tersebut dapat terjadi meskipun dengan menentang konsentrasi.

Contoh transpor aktif yaitu pompa Natrium (Na+), Kalium (K+), endositosis, dan eksositosis.

Gaya per unit luas yang dibutuhkan untuk mencegah mengalirnya pelarut melalui membran selektif permeabel dan masuk ke larutan dengan konsentrasi yang lebih pekat sebanding dengan tekanan turgor. Tekanan osmotik merupakan sifat koligatif, yang berarti bahwa sifat ini bergantung pada konsentrasi zat terlarut, dan bukan pada sifat zat terlarut itu sendiri.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Osmosis

Sekian artikel mengenai Makalah - Osmosis, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah IPA