-->

Makalah - Otak Dan Bagaimana Otak Belajar

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai contoh judul makalah serta latar belakang dan isinya dengan judul Makalah - Otak Dan Bagaimana Otak Belajar, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pembelajaran tidak ubahnya proses berpikir atau dengan kata lain merupakan proses pemanfaatan dan penggunaan otak secara maksimal. Otak merupakan pusat saraf utama yang terletak di dalam rongga tengkorak. Otak dan sumsum tulang belakang menyusun sistem saraf kita . Seluruh aktivitas tubuh kita dikendalikan oleh sistem saraf pusat tersebut. Ukuran otak manusia bervariasi, yang ditentukan oleh jenis kelamin, umur, dan ukuran fisik seseorang. Ukuran otak manusia mencapai maksimum pada usia 18 tahun. Berat otak orang dewasa sekitar 1,4 kg.

Otak terdiri atas dua belahan yaitu belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Oleh karena terdapat pindah silang pada jalur-jalur spinal, maka belahan otak kiri mengendalikan sisi kanan tubuh dan sebaliknya belahan otak kanan mengendalikan sisi kiri tubuh. Kedua belahan otak ini terdiri dari cerebracortex atau neocortex termasuk belahan system limbic-nya. Kedua belahan otak ini semuanya dihubungkan oleh tiga penghubung yaitu Corpus Colasum, Hippopocompal Commissure, dan Anterior Connissure. Walaupun sama-sama namanya belahan otak namun harus diketahui bahwa antara belahan otak kanan dan otak kiri memiliki tugas dan mekanisme kerja yang berbeda. Belahan otak kanan (right cortex) berfungsi untuk mengendalikan bagian tubuh yang sebelah kiri. Sedangkan balahan otak kiri (left cortex) berfungsi untuk mengendalikan bagian tubuh sebelah kanan. Mekanisme kerja belahan otak kanan yaitu otak kanan cara kerjanya bersifat acak, tidak teratur, intuitif, dan holistik. Sedangkan otak kiri cara kerjanya bersifat urut, logis, sekuensial, linier dan rasional. Teori belahan otak kanan adalah belahan yang lebih berfungsi dalam hal kreatifitas. Belahan otak kanan memiliki fungsi dalam hal berkreatifitas. Belahan otak kanan berhubungan erat dengan proses penyimpanan informasi tentang gambar, imajinasi, warna, ritme dan ruang. Sedangkan belahan otak kiri berperan dalam kegiatan motorik (motor sequence) yaitu berhubungan dengan logika, analisa, bahasa, rangkaian dan matematika. Belahan otak kiri berespon pada pendapat, dan berhubungan dengan angka/bilangan, kata-kata, logika, urutan atau daftar, dan detail atau rincian-rincian.

Rupanya kedua belahan otak ini sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu individu. Akan tetapi kadang banyak orang yang hanya ahli menggunakan otak kanan saja atau otak kiri saja. Orang yang termasuk ke dalam kategori pengguna otak kiri memiliki ciri-ciri bahwa dia selalu berfikir secara logis, dan runtut. Apabila pengguna otak kiri ini tidak pernah melakukan upaya untuk melakukan aktifitas yang memicu kerja otak kanan dalam kegiatan sehari-hari maka orang tersebut akan cenderung mengalami stress dan juga kesehatan mental dan fisik yang kurang baik. Begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu diperlukanlah keseimbangan kerja antara otak kanan dan otak kiri. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan kerja otak kanan dan otak kiri pada kegiatan pembelajaran misalnya, kita bisa belajar sambil mendengarkan musik. Dalam belajar kita memanfaatkan otak kiri sedangkan ketika kita mendengarkan music maka kita juga telah memberdayakan otak kanan. Jadi dalam kegiatan belajar sambil mendengarkan music adalah suatu cara yang digunakan untuk menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri. Melalui penyeimbangan ini kita tidak akan merasa cepat stress, bosan dalam melakukan setiap kegiatan. Selain itu kegiatan juga akan lebih menarik dan lebih menggugah semangat karena dengan mendengarkan music kita merasa lebih rilexs.

Pada intinya penyeimbangan kerja belahan otak kanan dan otak kiri adalah memberdayakan kedua belahan ini dalam melakukan suatu tindakan, yaitu contohnya melakukan aktifitas berfikir diiringi oleh penciptaan kondisi yang membuat kita bisa merasa nyaman, rileks( pemberdayaan otak kanan). Hal yang atau mengkoneksikan antara belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Dalam penciptaan kegiatan pembelajaran kita dituntut untuk tidak hanya sekedar memberdayakan otak kiri saja, tetapi juga memberdayakan otak kanan. Lalu bagaimanakah caranya untuk memberdayakan otak kanan dalam kegiatan pembelajaran. Cara memberdayakan otak kanan dalam pembelajaran dengan cara menciptakan kondisi pembelajaran yang bisamemicu perkembangan kreatifitas

Hal terpenting dalam tubuh kita adalah otak. Mengapa dikatakan seperti itu? Jawabannya karena semua gerakan tubuh, fungsi organ-organ tubuh, dan semua pusat kehidupan kita terletak di otak. Sebelumnya, kita perlu mengetahui bagaimana otak kita bekerja dan belajar sehingga dapat melakukan pembelajaran dengan baik. Tanpa kita sadari tetapi selalu kita rasakan bahwa pusat ingatan kita, memori yang kita pelajari sejak kita baru lahir, saat ini, hingga di akhir usia kita kelak, tersimpan rapi dan siap dipanggil oleh otak kita. Sebagai pengetahuan bahwa jika seseorang dapat menggunakan 100% dari kapasitas otaknya, maka:
1. Kita bisa menjadi seorang professor dalam 8 bidang yang berbeda, dengan mendapatkan predikat cumlaude pada semua bidang tetentu.
2. Manusia dapat menguasai 8 bahasa penting yang ada di dunia.
3. Manusia mampu mengingat 3 buku daftar nama berserta nomor teleponnya, yang setiap buku memuat lebih dari 5000 nama.

Seperti kita ketahui bersama, Albert Einstein, orang-orang sukses, dan orang jenius lainnya di dunia memiliki kapasitas otak yang sama besarnya dengan kita. Jika kita merasa kita tidak pintar atau tidak memiliki kemampuan adalah salah. Yang membedakan kita dengan orang-orang hebat tersebut ialah karena kita tidak sadar bahkan kita tidak tahu akan kemampuan otak kita yang sebenarnya dan kita juga jarang sekali melatih otak kita secara teratur.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Otak Dan Bagaimana Otak Belajar

Sekian artikel mengenai Makalah - Otak Dan Bagaimana Otak Belajar, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan