-->

Makalah - Komunikasi dalam Pembelajaran

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai contoh judul makalah serta latar belakang dan isinya dengan judul Makalah - Komunikasi dalam Pembelajaran, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia tidak dapat dipisahkan dari upaya peningkatan kualitas pendidikan yang sekarang ini sedang menjadi sorotan dan harapan banyak orang di Indonesia. Wujud dari proses pendidikan yang paling riil terjadi di lapangan dan bersentuhan langsung dengan sasaran yang berupa kegiatan belajar mengajar pada tingkat satuan pendidikan.

Kualitas kegiatan belajar mengajar atau sering disebut dengan proses pembelajaran tentu saja akan berpengaruh terhadap mutu pendidikan yang output-nya berupa sumber daya manusia. Dalam pembelajaran terjadi proses komunikasi untuk menyampaikan pesan dari pendidik kepada peserta didik dengan tujuan agar pesan dapat diterima dengan baik dan berpengaruh terhadap pemahaman serta perubahan tingkah laku. Dengan demikian keberhasilan kegiatan pembelajaran sangat tergantung kepada efektifitas proses komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran tersebut.

Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, di pasar, dalam masyarakat atau di mana saja manusia berada. Tidak ada manusia yang tidak akan terlibat dalam konunikasi.

Pentingnya komunikasi bagi manusia tidaklah dapat dipungkiri begitu juga halnya bagi suatu organisasi. Dengan adanya komunikasi yang baik suatu organisasi dapat berjalan dengan lancar dan berhasil dan begitu pula sebaliknya, kurangnya atau tidak adanya komunikasi organisasi dapat macet dan berantakan.

Sebagai proses penyampaian informasi dan pengetahuan, peran penting komunikasi juga menjadi suatu keniscayaaan dalam dunia pendidikan. Sebab proses pembelajaran adalah proses komunikasi. Jika guru mampu membangun komunikasi secara baik dan tepat dengan siswanya, tujuan pembelajaran yang diharapkan sangat mungkin dapat terwujud. Pun sebaliknya.

Memang, kesuksesan pendidikan tidak mutlak ditentukan oleh komunikasi. Namun demikian, bagaimana membangkitkan minat belajar siswa dan bagaimana menemukan kunci penting menjalankan komunikasi secara efektif sehingga hasil pembelajarannya mangkus sesuai dengan harapan, itulah yang menjadi nilai penting.


B. Rumusan Masalah

Adapun yang menjadi masalah dalam makalah ini adalah:
1. Bagaimana konsep dasar komunikasi?
2. Bagaimana membangun komunikasi yang efektif?
3. Apa saja hambatan dalam komunikasi?
4. Bagaimana komunikasi dalam pembelajaran?
5. Apakah macam komunikasi dalam pembelajaran?
6. Apakah yang dimaksud teknologi telekomunikasi dan informasi?

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Komunikasi dalam Pembelajaran

Sekian artikel mengenai Makalah - Komunikasi dalam Pembelajaran, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan