-->

Makalah - Penggunaan Analisis SWOT Dalam Manajemen Pendidikan

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Penggunaan Analisis SWOT Dalam Manajemen Pendidikan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Salah satu cita-cita nasional yang harus terus diperjuangkan oleh bangsa Indonesia ialah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan nasional. Masa depan dan keunggulan bangsa kita ditentukan oleh keunggulan sumber daya manusia yang dimiliki, di samping sumber daya alam dan modal. Pembangunan bidang pendidikan yang dilaksanakan pemerintah bersama masyarakat merupakan upaya mewujudkan cita-cita nasional tersebut. Namun demikian, dalam pelaksanaan/prakteknya ternyata pendidikan Indonesia belum menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan negara lain.

Mengenai masalah pendidikan perhatian pemerintah kita masih sangat minim. Ini tercermin dari beragamnya masalah pendidikan yang makin kompleks. Kualitas siswa yang masih rendah, mengenai efektivitas program pengajaran, rekrutmen tenaga kependidikan, sampai UU Pendidikan yang terasa semakin kacau. Pemerintah sebetulnya telah berusaha mengatasi masalah ini, dengan menaikkan anggaran pendidikan dari tahun ke tahun, namun dalam kenyataanya masih banyak pihak yang menyalahgunakan kebijakan pemerintah tersebut.

Penyelesaian masalah pendidikan tidak semestinya dilakukan secara terpisah-pisah, tetapi harus dilakukan secara menyeluruh. Dari sector pendanaan, SDM nya, pemerataan pendidikan, peningkatan sarana dan prasarana serta dengan menggalakkan program wajib belajar yang sekarang terasa mati suri, karena pada kenyataanya di daerah pinngiran masih banyak anak usia sekolah yang tidak menciipi indahnya bangku sekolah pendidikan dasar. Dengan kondisi ini, maka bangsa ini akan sulit keluar dari permasalahan pendidikan dan kompetisi global yang mensyaratkan kualitas SDM yang maju dan berwawasan luas sehingga mampu bersaing dalam percaturan dunia.

Dalam makalah ini akan dibahas tentang bagaimana penggunaan Analisis S. W. O. T. untuk menganalisis tingkat satuan kabupaten lingkup kecamatan yaitu Kecamatan Kuwarasan, Kab. Kebumen. Diharapkan dengan analisis ini akan diketahui baik peluang, kesempatan, ancaman maupun perbaikan sehingga dapat mengantisispasi atau menekan hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan program pendidikan yang telah dirancang sehingga dapat mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah Penggunaan Analisis SWOT Dalam Manajemen Pendidikan

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Penggunaan Analisis SWOT Dalam Manajemen Pendidikan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan