-->

Makalah - Arti Dan Ruang Lingkup Agama Islam

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai contoh judul makalah serta latar belakang dan isinya dengan judul Makalah - Arti Dan Ruang Lingkup Agama Islam, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Islam berasal dari kata salama yang berarti patuh atau menerima. kata dasarnya adalah salima yang berarti sejahtera, tidak tercela, tidak bercacat. Dari kata itu terbentuk kata masdar salamat (dalam bahasa Indonesia menjadi selamat). Dari akar kata itu juga terbentuk kata kata salm, silm yang berarti kedamaian, kepatuhan penyerahan diri.

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa arti yang dikandung perkataan Islam adalah kedamaian, keselamatan, kesejahteraan, penyerahan (diri), ketaatan dan kepatuhan. Dari perkataan selamat, salm tersebut timbul ungkapan assalamu’alaikum yang artinya (mengandung doa dan harapan) semoga anda selamat damai sejahtera.

Sebagai agama wahyu terakhir, agama Islam merupakan satu sistem akidah dan syariat serta akhlak yang mengatur hidup dan kehidupan manusia dalam berbagai hubungan. Hubungan lingkupnya lebih luas dari rung lingkup agama nasrani yang hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhan. Agama Islam tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan manusia dalam masyarakat termasuk dengan diri manusia itu sendiri tetapi juga dengan alam sekitarnya yang kini terkenal dengan istilah lingkungan hidup.

Agama Islam adalah agama yang unik lain dari yang lain, ini menurut Wilfred Cantwell Smith. Menurutnya dibandingkan dengan agama-agama lain agama Islam adalah suigeneris (sesuai dengan wataknya, mempunyai corak dan sifat sendiri dalam jenisnya), karena dalam banyak hal, agama Islam berbeda dengan agama lain.

Sebagai contoh sederhana beliau menunjuk pada (1) nama agama dan (2) nama pemeluk agama Islam.
  1. Berbeda dengan agama lain yang namanya dihubungkan dengan nama manusia yang mendirikan atau yang menyampaikan agama, nama agama islam ini tidak dihubungkan dengan nama orang yang menyampaikan wahyu itu pada manusia atau nama tempat agama itu mula-mula tumbuh dan berkembang.
  2. Islam mengandung makna damai, sejahtera, selamat, penyerahan diri, taat, patuh dan menerima kehendak Allah. Orang yang mengaku beragama Islam disebut Muslim.

Sebagai agama yang melengkapi proses kesinambungan wahyu, Islam memiliki tujuh karakteristik ajaran.

1. Ajarannya sederhana, rasional, dan Praktis.
Islam adalah agama tanpa mitologi. Islam membangkitkan kemampuan berpikir dan mendorong manusia untuk menggunakan penalarannya.

2. Kesatuan antara kebendaan dan kerohanian.
Menurut pandangan Islam, kemajuan spiritual hanya dapat dicapai jika manusia berada di tengah manusia lain di dunia, dan keselamatan spiritual baru dapat dicapai dengan memanfaatkan sumber daya material. Jadi Islam tidak membagi kehidupan atas dua bagian yaitu material dan spiritual.

3. Islam memberi petunjuk bagi seluruh segi kehidupan manusia meskipun sebagian petunjuknya bersifat umum.

4. Keseimbangan antara individu dan masyarakat.
Islam mengakui keberadaan manusia sebagai individu dan tidak mengizinkan adanya campur tangan orang lain di dalamnya. Namun Islam juga mengembangkan rasa tanggung jawab sosial dalam diri manusia dan menyerukan individu-individu untuk memberi andil dalam membina kesejahteraan masyarakat.

5. Keuniversalan dan kemanusiaan.
Dalam Islam seluruh umat manusia adalah sama, apapun warna kulit, bahasa, ras, atau bangsanya. Islam ditujukan untuk seluruh umat manusia. Allah adalah Pemilik alam semesta.

6. Ketetapan dan perubahan.
Al Qur’an dan As-Sunnah yang merupakan pedoman abadi dari Tuhan tidak terikat oleh batasan ruang dan waktu. Namun pedoman tersebut sering kali bersifat umum sehingga memberi kebebasan pada manusia untuk berijtihad dan mengaplikasikannya pada setiap kondisi masyarakat.

7. Pedoman suci umat Islam yaitu Al Qur’an yang telah berumur sekitar limabelas abad, tetap terjamin kemurnian dan keasliannya.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Arti Dan Ruang Lingkup Agama Islam

Sekian artikel mengenai Makalah - Arti Dan Ruang Lingkup Agama Islam, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Agama (PAI)