-->

Makalah - Pendidikan Pesantren

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Pendidikan Pesantren, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam, bahkan merupakan jumlah muslim terbesar di dunia. Berkaitan dengan itu pendidikan yang ada di Indonesia tidak hanya di sekolah umum, ataupun di madrasah, melainkan ada juga pondok pesantren. Tetapi masih banyak masyarakat yang belum memahami betul tentang pondok pesantren.

Pesantren merupakan salah satu jenis pendidikan Islam Indonesia yang bersifat tradisional untuk mendalami ilmu agama Islam dan mengamalkan sebagai pedoman hidup keseharian. Pesantren telah hidup sejak ratusan tahun yang lalu, serta telah menjangkau hampir seluruh lapisan masyarakat muslim. Pesantren telah diakui sebagai lembaga pendidikan yang telah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Pada masa kolonialisme berlangsung, pesantren merupakan lembaga pendidikan agama yang sangat berjasa bagi masyarakat dalam mencerahkan dunia pendidikan.

Namun, belakangan reputasi pesantren tampaknya dipertanyakan oleh sebagian masyarakat Muslim Indonesia. Mayoritas pesantren masa terkesan elitis, jauh dari realitas sosial. Problem sosialisasi dan aktualisasi ini ditambah lagi dengan problem keilmuan, yaitu terjadi kesenjangan, alienasi (keterasingan) dan differensiasi (pembedaan) antara keilmuan pesantren dengan dunia modern. Sehingga terkadang lulusan pesantren kalah bersaing atau tidak siap berkompetisi dengan lulusan umum dalam urusan profesionalisme di dunia kerja. Dunia pesantren dihadapkan kepada masalah-masalah globalisasi, yang dapat dipastikan mengandung beban tanggung jawab yang tidak ringan bagi pesantren.


B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana Pengertian Pendidikan Pesantren?
2. Apakah Tujuan Pendidikan Pesantren?
3. Bagaimana Karakteristik Dan Ciri-Ciri Pesantren?
4. Bagaimana Tipologi Pendidikan Pesantren?
5. Bagaimana Sistem Pendekatan Metodologis Di Pondok Pesantren?
6. Apakah Prinsip-Prinsip Umum Dalam Proses Belajar Dan Mengajar Agama Di Pondok Pesantren?
7. Apakah Kurikulum pendidikan Pesantren?
8. Bagaimana Materi Pembelajaran Pesantren?
9. Apakah Metode Pembelajaran Pesantren?
10. Bagaimana Modernisasi Pendidikan Pesantren?
11. Apakah Kelemahan-Kelamahan Dan Kelebihan-Kelebihan Pesantren?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Pendidikan Pesantren

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Pendidikan Pesantren, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan