-->

Makalah - Pendidikan Profesi

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Pendidikan Profesi, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Perkembangan IPTEKS yang mendunia sangat berpengaruh terhadap kondisi sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan segala aspek kehidupan. Hal ini perlu mendapat perhatian khusus oleh semua elemen masyarakat.

Pendidikan dipandang sebagai salah satu aspek yang memiliki peran pokok dalam membentuk generasi mendatang, yang diharapkan dapat menghasilkan manusia berkualitas dan bertanggung jawab serta mampu mengantisipasi masa depan. Pendidikan dalam maknanya yang luas senantiasa menstimulir perkembangan manusia dan berupaya untuk senantiasa mengantar dan membimbing perubahan dan perkembangan hidup serta kehidupan manusia.

Pada satu sisi, profesionalisme profesi keberadaannya dalam pembangunan sangat dibutuhkan, dimana profesi dalam pendidikan membutuhkan proses yang berkesinambungan dengan latihan  dan pengamatan secara langsung. Hal ini tidak semata – mata untuk dimiliki dan diketahui, tetapi sekaligus sebagai dasar pijakan awal untuk pembelajaran pendidikan dan pengajaran berikutnya.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan suatu wahana bagi guru untuk mengaplikasikan ilmu untuk mendapatkan profesionalisme guru. Berdasarkan undang-undang profesi yang disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat, guru ditetapkan sebagai profesi. Dengan demikian pekerjaan guru selain harus mempunyai nilai tawar yang tinggi seperti profesi dokter dan profesional lainnya, guru harus mempunyai kompetensi yang dapat diandalkan.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilakukan guru merupakan salah satu wadah agar guru mendapatkan pengalaman profesi yang dapat diandalkan. Dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG) guru akan dihadapkan pada kondisi riil aplikasi bidang keilmuan, seperti: kemampuan mengajar, kemampuan bersosialisasi dan bernegosiasi dan kemampuan manajerial kependidikan lainnya. Pendidikan Profesi Guru (PPG) tidak hanya kegiatan mengajar yang harus ditempuh oleh guru, tetapi juga menyangkut kemampuan berpartisipasi, membangun, atau mengembangkan potensi pendidikan dimana ia berlatih. Partisipasi tersebut dapat berupa keterlibatan guru dalam kegiatan ekstra seperti penulisan kreatif, kelompok diskusi dan sebagainya.

Profesi di Indonesia tidak hanya guru, melainkan ada yang lain seperti profesi dokter, arsitektur, bidan, perawat dan sebagainya dimana profesi-profesi tersebut diperoleh melalui lembaga pelatihan dan pendidikan sehingga mereka mempunyai keahlian khusus dan profesi tersebut juga mempunyai organisasi profesi serta kode etik masing-masing.


B. Rumusan Masalah

1. Apa yang dimaksud pendidikan profesi?
2. Apa saja landasan pendidikan profesi?
3. Apa saja tujuan pendidikan profesi?
4. Apa saja macam-macam pendidikan profesi?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Pendidikan Profesi

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Pendidikan Profesi, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan