-->

Makalah - Pendidikan Kejuruan

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Pendidikan Kejuruan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Sistem pendidikan nasional harus mampu meningkatkan relevansi dan efisiensi manajemennya untuk menghadapi tantangan pendidikan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Pada akhirnya, hasil pendidikan diharapkan mampu memberikan bekal kompetensi dan keterampilan sebagai persiapan pendidikan lebih lanjut serta yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Saat ini, Indonesia memerlukan banyak tenaga terampil berkualitas yang dapat menunjukkan produk yang memadai dan dapat diterima masyarakat pada umumnya di dunia usaha dan industri. Tenaga kerja terampil dapat memberikan kontribusi untuk menumbuhkan dunia usaha dan dunia industri yang akhirnya dapat memajukan pembangunan negara serta membawa nama Indonesia di kancah persaingan dunia. Tenaga terampil tersebut perlu dipersiapkan, dilatih, dan diperkenalkan dengan dunia usaha dan penguasaan teknologi dalam menghadapi persaingan global.

Salah satu upaya pemerintah untuk menyelaraskan tujuan pendidikan nasional dan kondisi Indonesia akan perlunya tenaga terampil adalah pelaksanaan pendidikan kejuruan atau dikenal dengan vokasional di tingkat pendidikan dasar dan pendidikan tingkat menengah atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pendidikan vokasional ini merupakan bagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkan seseorang untuk menguasai keterampilan tertentu, sehingga mampu bekerja dalam jenis pekerjaan yang telah dipelajarinya pada suatu usaha atau industri.

Tuntutan pengelolaan pada pendidikan kejuruan harus sesuai dengan kebijakan link and match, yaitu perubahan dari pola lama yang cenderung berbentuk pendidikan demi pendidikan ke suatu yang lebih terang, jelas dan konkrit menjadi pendidikan kejuruan sebagai program pengembangan sumber daya manusia. Dengan demikian, sekolah perlu mempersiapkan peserta didik dengan memperkenalkan kondisi dunia usaha atau dunia industri sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi dan seni termasuk upaya pembaharuan pembelajaran oleh para guru di sekolah kejuruan melalui peningkatan kemampuan dalam bidang kejuruannya masing-masing. Kemampuan lulusan dari sekolah kejuruan akan mempengaruhi kualitas produksi dari suatu perusahan di mana lulusan bekerja pada masa mendatang.


B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang, maka beberapa rumusan masalah mendasar terkait pendidikan kejuruan antara lain:
1. Bagaimana sejarah pendidikan kejuruan di Indonesia?
2. Apakah pengertian pendidikan kejuruan?
3. Bagaimanakah fungsi, tujuan, dan manfaat pendidikan kejuruan?
4. Apa sajakah konsep-konsep yang mendasari pendidikan kejuruan?
5. Apa sajakah prinsip-prinsip penyelenggaran pendidikan kejuruan?
6. Bagaimana karakteristik dan kurikulum pendidikan kejuruan?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Pendidikan Kejuruan

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Pendidikan Kejuruan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan