-->

Makalah - Pendidikan Orang Dewasa Dan Usia Lanjut

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Pendidikan Orang Dewasa Dan Usia Lanjut, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Salah satu aspek penting dalam pendidikan saat ini yang perlu mendapat perhatian adalah mengenai konsep pendidikan bagi orang dewasa dan usia lanjut. Tidak selamanya kita berbicara dan mengulas di seputar pendidikan murid sekolah yang relatif berusia muda. Kenyataan di lapangan, bahwa tidak sedikit orang dewasa dan usia lanjut yang harus mendapat pendidikan baik pendidikan informal maupun nonformal, misalnya pendidikan dalam bentuk keterampilan, kursus-kursus, penataran dan sebagainya. Masalah yang sering muncul adalah bagaimana kiat, dan strategi membelajarkan orang dewasa dan usia lanjut yang notabene tidak menduduki bangku sekolah.

Dalam hal ini, orang dewasa dan usia lanjut sebagai siswa dalam kegiatan belajar tidak dapat diperlakukan seperti anak-anak didik biasa yang sedang duduk di bangku sekolah tradisional. Oleh sebab itu, harus dipahami bahwa, orang dewasa begitupun juga usia lanjut yang tumbuh sebagai pribadi dan memiliki kematangan konsep diri, bergerak dari ketergantungan pada orang lain seperti yang terjadi pada masa kanak-kanak menuju ke arah kemandirian. Kematangan psikologi orang dewasa dan usia lanjut sebagai pribadi yang mampu mengarahkan diri sendiri ini mendorong timbulnya kebutuhan psikologi yang sangat dalam yaitu keinginan dipandang dan diperlakukan orang lain sebagai pribadi yang mengarahkan dirinya sendiri (mandiri), bukan diarahkan, dipaksa dan dimanipulasi oleh orang lain.

Pendidikan bagi orang dewasa dan usia lanjut jelas berbeda dengan pendidikan bagi anak-anak. Hal tersebut terlihat dari materi pendidikan yang berbeda, kurikulum yang digunakan, karakteristik dari warga belajarnya (orang dewasa dan usia lanjut), dan tujuan dari pemberian pendidikan baik bagi orang dewasa dan usia lanjut. Perlu dipahami apa pendorong bagi orang dewasa dan usia lanjut untuk belajar, apa hambatan yang dialaminya, apa yang diharapkannya, bagaimana ia dapat belajar dengan baik dan sebagainya.

Pemahaman terhadap perkembangan kondisi psikologi orang dewasa dan usia lanjut tentu saja mempunyai arti penting bagi para pendidik atau fasilitator dalam menghadapi orang dewasa dan para usia lanjut sebagai siswa atau warga belajar.

Oleh karena itu, tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengkaji berbagai aspek yang mungkin dilakukan dalam upaya membelajarkan orang dewasa (andragogi) dan usia lanjut sebagai salah satu alternatif pemecahan kependidikan, sebab pendidikan sekarang ini tidak lagi dirumuskan hanya sekadar sebagai upaya untuk mentransmisikan pengetahuan, tetapi dirumuskan sebagai suatu proses pendidikan sepanjang hayat (long life education).


B. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam makalah ini, yaitu:

1. Pendidikan Orang Dewasa
a. Apa hakikat pendidikan orang dewasa?
b. Bagaimana ruang lingkup pendidikan orang dewasa?
c. Apa saja materi pendidikan yang diajarkan bagi orang dewasa?

2. Pendidikan Usia Lanjut
a. Apa yang dimaksud dengan pendidikan usia lanjut?
b. Bagaimana proses pendidikan usia lanjut?
c. Apa saja materi pendidikan yang diajarkan bagi usia lanjut?
d. Kurikulum apa yang digunakan dalam pendidikan usia lanjut?
e. Bagaimana pengelolaan pembelajaran bagi usia lanjut?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Pendidikan Orang Dewasa Dan Usia Lanjut

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Pendidikan Orang Dewasa Dan Usia Lanjut, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan