-->

Makalah - Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan SDA, dengan masyarakat yang beraneka ragam dengan segala keanekaragaman suku, rs, budaya, dan adat istiadat. Indonesia berbentuk negara kepulauan yang terdiri dari beberapa provinsi. Setiap daerah di Indonesia mempunyai potensi dan kekayaan masing-masing. Kekayaan yang beraneka raga mini jika dioptimalkan dalam pemberdayaannya akan menjadikan Indonesia maju dan mempunyai masyarakat yang dapat secara aktif ikut serta dalam pembangunan.

Semboyan yang sangat terkenal di masyarakat adalah Bhineka Tunggal Ika yang berarti bahwa wlaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mempunyai beragam kekayaan. Jika potensi tiap daerah dapat terkelola dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan salah satu tujuan Negara Indonesia akan dapat tercapai yaitu menjadikan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.

Salah satu upaya untuk mengoptimalkan pemberdayaan potensi tiap daerah tersebut adalah melalui pendidikan yaitu melalui pendidikan berbasis unggulan lokal yang pelaksanaannya bisa diintegrasikan pada tiap mata pelajaran atau dalam muatan lokal dan ketrampilan. Pendidikan merupakan unsure yang penting untuk memajukan suatu bangsa termasuk Indonesia.

Indonesia mempunyai banyak kekayaan, namun kenyataannya kekayaan tersebut masih banyak yang belum dapat dioptimalkan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor termasuk Sumber Daya Manusia yang belum siap atau sarana dan prasarananya yang belum memadai. Dapat juga dikarenakan belum siapnya masyarakat akan perubahan dan inovasi. Hal ini perlu ditinjau lagi karena dengan mengoptimalkan potensi daerah akan dapat memperkaya daerah tersebut dan masyarakatnya.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pendidikan berbasis unggulan lokal, karena pendidikan yang berbasis unggulan lokal akan dapat membantu mencetak peserta didik yang mampu memanfaatkan lingkungan sekitar, memberdayakan potensi daerah yang dimilikinya.


B. Rumusan Masalah

Rumusan masalah berdasarkan latar belakang masalah di atas adalah:
1. Apakah yang dimaksud dengan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal?
2. Apa saja landasan yuridis yang digunakan dalam melaksanakan pendidikan berbasis unggulan lokal di Indonesia?
3. Apa saja landasan empiris yang digunakan dalam melaksanakan pendidikan berbasis unggulan lokal di Indonesia?
4. Apa saja landasan filosofis yang digunakan dalam melaksanakan pendidikan berbasis unggulan lokal di Indonesia?
5. Apa saja tujuan umum penyelenggaraan pendidikan berbasis unggulan lokal?
6. Apa saja tujuan khusus pendidikan berbasis unggulan lokal?
7. Apa saja keunggulan lokal yang ada di Indonesia?
8. Mengapa keunggulan lokal digunakan sebagai dasar pendidikan di Indonesia?
9. Bagaimana strategi pelaksanaan pendidikan berbasis unggulan lokal di Indonesia?
10. Bagaimana teknik pelaksanaan pendidikan berbasis unggulan lokal di Indonesia?
11. Bagaimana penilaian pelaksanaan pendidikan berbasis unggulan lokal di Indonesia?
12. Apa saja pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan berbasis unggulan lokal di Indonesia?

#  #  #  #  #  #  #
Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan