-->

Makalah - Karakteristik Pembelajaran Terpadu

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Karakteristik Pembelajaran Terpadu, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intramata pelajaran maupun antarmata pelajaran. Dengan pemaduan itu siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bermakna berarti bahwa pada pembelajaran terpadu siswa dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung yang menghubungkan antarkonsep dalam intramata pelajaran maupun antarmata pelajaran. Sebagai seorang pendidik, seharusnya dalam melaksanakan pembelajaran terpadu harus memperhatikan segala macam yang berkaitan dan sesuai dengan isi pembelajaran sehingga pembelajaran akan bermakna.

Dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu diharapkan peserta didik akan lebih mudah memahami pembelajaran yang dilakukan sehingga peserta didik dituntut lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator. Pembelajaran terpadu cenderung kepada pendekatan yang berorientasi pada praktek pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran anak.  Pendekatan pembelajaran terpadu dapat dipandang sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di tingkat dasar, terutama dalam rangka mengimbangi gejala penjejalan kurikulum yang sering terjadi dalam pembelajaran di sekolah. Tanggung jawab seorang pendidik yaitu harus mampu memahami pembelajaran terpadu dengan baik agar dalam dapat mencapai hasil yang maksimal. Dari hal tersebut jelas mengapa pembelajaran terpadu dianggap sebagai pendekatan yang sangat penting untuk dikembangkan.

Sebagai calon pendidik maka perlunya memahami karateristik pembelajaran terpadu agar dapat lebih memahaminya. Dengan memahami karateristik pembelajaran terpadu maka diharapkan calon pendidik akan dapat menerapkan pembelajaran terpadu dengan sesuai.


B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah yaitu apa saja karateristik pembelajaran terpadu ?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Karakteristik Pembelajaran Terpadu

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Karakteristik Pembelajaran Terpadu, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan