-->

Makalah - Manajemen Kelas Guru Pemula

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Manajemen Kelas Guru Pemula, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Guru adalah sosok yang penting dalam kegiatan belajar mengajar dalam kelas, mengetahui hal tersebut maka guru hendaknya memahami bagaimana menjadi manajer kelas yang baik. Guru yang telah lama terjun dalam kegiatan belajar mengajar mungkin sedikit mulai mengerti bagaimana menjadi manajer kelas yang baik sebab guru lama telah mempelajari tak hanya secara teori namun juga secara praktik. Namun guru lama kadangkala juga merasakan menjadi guru pemula ketika tidak dapat mengelola kelas dengan baik.

Guru pemula merupakan guru yang telah mendapat pengalaman secara teori, namun secara praktik belum ada pengalaman yang mendukung. Guru pemula tak ubahnya seperti seorang tukang roti yang baru akan mulai membuat roti, dalam arti telah mengerti teori melalui resep, teori mengelola dapur sdengan baik, mempersiapkan alat dan bahan namun belum pernah mencoba resep tersebut. Seorang tukang roti akan kesulitan ketika tidak pernah mencoba dan terus mencaoba melaksanakan teori–toeori yang telah diterima. Begitu pula seorang guru pemula, pada awal mulai mengajar dan mengenal lingkungan sekolah mereka menghadapi beberapa hambatan antara lain : pengenalan karakteristik peserta didik, budaya sekolah, beradaptasi dan berkomunikasi dengan warga sekolah.

Maka dari itu perlunya guru lama maupun guru pemula untuk selalu belajar bagaimana mengelola kelas yang baik dan efektif perlu segera disadarkan sejak dini baik oleh diri sendiri secara internal maupun oleh pihak instansi pendidikan maupun pihak pemerintah secara eksternal supaya dapat memahanmi dan merealisasikan teori-teori yang telah diterima dengan baik dan efektif sehingga dapat menunjang terciptanya syarat penguasaan kompetensi guru sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan yang tersirat dalam tujuan pendidikan nasional.


B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana guru pemula saat ini?
2. Bagaimana manajemen kelas bagi guru pemula?
3. Bagaimana peran guru kelas sebagai manajer dalam kelas?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Manajemen Kelas Guru Pemula

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Manajemen Kelas Guru Pemula, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan