-->

Makalah - Corak, Bentuk, Dan Unsur Bangunan Rumah Jawa

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Corak, Bentuk, Dan Unsur Bangunan Rumah Jawa, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pulau Jawa merupakan pulau yang memiliki penduduk terbanyak di Indonesia dan juga termasuk pulau yang memiliki banyak warisan budaya dari leluhur. Dengan begitu banyak warisan budaya yang dimiliki menyebabkan banyak peninggalan sejarah yang terdapat di pulau jawa terutama bangunan. Bangunan ini merupakan peninggalan sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh masyarakat jawa. Bangunan itu meliputi rumah, candi, monumen, dan lain sebagainya. Bangunan yang ada kebanyakan hingga kini masih berdiri kokoh dan masih banyak digunakan oleh masyarakat. Bangunan yang ada dipelajari oleh arsitektur untuk dikembangkan lagi dengan tidak meninggalkan nilai-nilai yang ada dalam bangunan tersebut. Salah satu bangunan yang hingga kini masih dipertahankan nilai-nilai budayanya dan masih banyak terlihat adalah rumah jawa yang disebut rumah joglo.

Rumah yang ada di Jawa biasanya dianggap bukan hanya sekedar rumah bagi masyarakat jawa. Rumah jawa biasanya merupakan lambang status bagi penghuninya dan sebagai tempat untuk menyimpan rahasia sang penghuni rumah, sehingga banyak orang yang memandang serta menilai seseorang berdasarkan rumah yang ditempati oleh orang tersebut. Semua segi yang terdapat dalam rumah jawa memiliki nilai-nilai tersendiri mulai dari atap hingga dasar memiliki ciri khas serta nilai tersendiri.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Corak, Bentuk, Dan Unsur Bangunan Rumah Jawa

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Corak, Bentuk, Dan Unsur Bangunan Rumah Jawa, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Bahasa Jawa