-->

Makalah - Sejarah, Latar Belakang, Dan Rasional PTK

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai Makalah - Sejarah, Latar Belakang, Dan Rasional PTK, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pembelajaran yang dilakukan di kelas tidak akan terlepas dari permasalahan yang timbul dan akan dihadapi oleh guru. Permasalahan yang timbul dapat berkaitan dengan proses maupun hasil pembelajaran. Permasalahan pembelajaran tidak hanya berkenaan pada siswa, bisa berkenaan dengan fasilitas belajar, sistem evaluasi, guru bahkan sekolah. Masalah yang berkenaan dengan siswa, misalnya kurangnya kemampuan menghitung, kurang terampil membaca cepat dan efektif. Permasalahan yang timbul pada guru misalnya guru kurang terampil dalam merencanakan pembelajaran, kurang terampil dalam mengembangkan materi ajar, kurang terampil dalam menggunakan model maupun metode pembelajaran sesuai tujuan pembelajaran dan guru kurang terampil dalam melaksanakan evaluasi proses pembelajaran. Berkenaan dengan masalah yang timbul, guru memiliki tanggung jawab untuk mengurangi bahkan memecahkan masalah tersebut.

Penelitian Tindakan kelas merupakan bagian dari kegiatan pendidikan selama lebih dari enam puluh tahun. Pada tahun 1930-an John Collier, seorang pejabat Amerika Serikat yang menangani bangsa Indian, menggunakan istilah Penelitian Tindakan untuk mendeskripsikan kegiatannya yang menyangkut perencanaan pertanian dalam bentuk demokratis. Sedangkan Kurt Lewin, seorang pakar psikologi sosial, menggunakan istilah ini untuk lebih memahami tindakan manusia.

Penelitian tindakanlah yang pada tahun 1940-an pertama kali digunakan oleh Kurt Lewin. Saat itu penelitian tindakan digunakan untuk mendeskripsikan penelitian yang merupakan perpaduan antara pendekatan eksperimental dalam bidang ilmu sosial dengan program-program tindakan sosial untuk menanggapi permasalahan sosial (Ebbut & Kemmis dalam Kasbolah, 2001: 13).

Dalam proses pengembangannya, penelitian tindakan yang pada awalnya diterapkan terutama untuk bidang sosial ekonomi, industri, dan pengembangan masyarakat, kemudian oleh Stephen Corey (1952-1953) penelitian ini dipakai pertama kali untuk tindakan di bidang pendidikan.

Menurut Corey, dengan penelitian tindakan maka perubahan-perubahan dalam kegiatan atau praktik pendidikan akan lebih dapat dilaksanakan, sebab guru, supervisor, dan pejabat administratif akan lebih dapat terlibat dalam mencari jawaban permasalahan dan aplikasi temuan-temuan yang ada (Kasbolah, 2001: 12).

Pada tahun 1976 didirikan suatu jaringan penelitian tindakan kelas yang dinamakan “Classroom Action Research Network” dan berpusat di institute Cambridge. Selanjutnya pada tahun 1980-an guru-guru proyek Elliot memusatkan kegiatan pada adanya kesenjangan antara mengajar untuk pemahaman dan mengajar untuk kebutuhan. Dalam analisisnya Elliot dan Ebbut menelaah adanya dilema yang timbul dalam kolaborasi antara peneliti dari luar kelas dengan agenda penelitiannya dan guru-guru yang lain menyelidiki dan memperoleh gambaran dari apa yang mereka praktikkan sendiri.

Sejak saat itu banyak perhatian ditujukan pada penelitian tindakan kelas. Banyak orang menyadari terutama dalam dunia pendidikan bahwa PTK sangat bermanfaat bagi guru dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Dengan melakukan penelitian tindakan kelas guru dapat langsung melakukan refleksi dan perbaikan diri untuk meningkatkan mutu pendidikan. (Kasbolah, 2001:13)

Padmono (2012 : 11) memaparkan: “Jika penelitian akademis membutuhkan waktu lama, pendalaman yang akademis, skala besar, maka penelitian tindakan dapat dilakukan dengan menggunakan pengetahuan dan pengalaman guru atau berkolaborasi dengan teman atau pakar secara praktis, dapat dilakukan dalam skala kecil, yaitu di kelasnya sendiri. Penelitian tindakan tidak menambah atau membebani kerja guru, tetapi secara progresif dan terus menerus dilakukan bersama-sama dalam praktek pembelajaran dan pelaksanaannya secara langsung dapat dipraktekkan di kelas yang menjadi tanggung jawab guru.”

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah Sejarah, Latar Belakang, Dan Rasional PTK

Sekian artikel dari Makalah Inside mengenai Makalah - Sejarah, Latar Belakang, Dan Rasional PTK, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Pendidikan