-->

Makalah - Bumi

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai contoh judul makalah serta latar belakang dan isinya dengan judul Makalah - Bumi, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Bumi telah lama dikenal manusia yaitu kira-kira sekitar 500 tahun yang lalu. Dalam perkembangannya asumsi-asumsi para ahli mengenai bentuk dan proses terbentuknya bumi terus mengalami perkembangan. Ada beberapa teori yang berkembang tentang kelahiran bumi. Yaitu :

1. Teori Sedimentasi
Dalam teori sedimentasi, pengukuran usia bumi didasarkan pada tebalnya lapisan sedimen yang membentuk batuan. Berdasarkan teori sedimen ini, diperkirakan bumi terbentuk 500 juta tahun yang lalu.

2. Teori Kadar Garam
Dalam teori kadar garam, pengukuran umur bumi didasarkan pada perhitungan kadar garam di laut. Banyak yang menduga bahwa pada mulanya air laut itu tawar. Dan pada tiap tahun mengalami penaikan kadar garam. Dengan mengetahui kenaikan kadar garam tiap tahun, dan jika dibandingkan dengan kadar garam pada saat ini, yakni kurang lebih 340,maka dihasilkan perhitungan bahwa bumi terbentuk 1000 juta tahun yang lalu.

3. Teori Termal
Dalam teori termal, pengukuran umur bumi didasarkan pada perhitungan suhu bumi. Karena mula-mula bumi merupakan batuan yang sangat panas, yang lambat waktu mendingin. Dengan menghitung waktu yang diperlukan batu untuk mendingain, maka diperkirakan bumi terbentuk sekitar 20.000 juta tahun yang lalu.

4. Teori Radioaktivitas
Dalam teori radioaktivitas, pengukuran umur bumi didasarakn pada waktu peluruhan unsur-unsur radioaktif. Unsur yang paling banyak digunakan yaitu karbon. Karena dilihat dari struktur penyusun mahluk hidup yang tinggal di bumi. Karbon menempati unsur yang menyusun mahluk hidup. Sehingga digunakan untuk mengukur umur bumi. Waktu paruh adalah waktu yang digunakan oleh zat radioaktif untuk meluruh sehingga massanya tinggal separuh.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Bumi

Sekian artikel mengenai Makalah - Bumi, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah IPA