-->

Makalah - Arti Dan Ruang Lingkup Syariah

Ditulis oleh: Makalah Inside
Berikut ulasan mengenai contoh judul makalah serta latar belakang dan isinya dengan judul Makalah - Arti Dan Ruang Lingkup Syariah, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah. Silahkan disimak!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Tujuan Umum

Setelah mempelajari tentang syariat islam, maka dapat disimpulkan bahwa agama memberikan penjelasan bahwa manusia adalah mahluk yang memilki potensi untuk berahlak baik atau buruk akan senantiasa ada dalam diri manusia karena terkait dengan aspek instink, naluriah atau hawa nafsu, seperti naluri makan/minum,berkuasa dan rasa aman. Apabila potentsi baik seseorang lemah, maka perilaku manusia dalam hidupnya tidak akan berbeda dengan hewan karena didominasi oleh potensi buruk. Agar hawa nafsu itu terkendalikan (dalam arti pemenuhannya sesuai dengan ajaran agama), maka potensi baik itu harus dikembangkan, yaitu melalui pendidikan agama dari sejak usia dini.

Apabila nilai-nilai agama telah terinternalisasi dalam diri seseorang maka dia akan mampu mengembangkan dirinya sebagai manusia yang bertakwa, yang salah satu karakteristiknya adalah mampu mengendalikan diri dari pemuasan hawa nafsu yang tidak sesuai dengan ajaran agama. Dalam materi tentang syariat ini juga mempelajari tentang makna syahadat, yang merupakan syarat awal masuk menjadi seorang muslim. Dan menyimpulkan juga bahwa thaharah (bersuci) dan shalat merupakan bagian dari islam.

Tujuan Khusus

Setelah mempelajari tentang manusia dan agama, maka dapat mengidentifikasi:
Menjelaskan pengertian syariat dan ruang lingkupnya.
Menjelaskan hakikat syahadat, thaharah dan solat.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai makalah ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Makalah - Arti Dan Ruang Lingkup Syariah

Sekian artikel mengenai Makalah - Arti Dan Ruang Lingkup Syariah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat makalah.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Makalah Agama (PAI)